Berikut Jenis Iklan Media Cetak Dan Elektronik !

Dewasa ini, berkembangnya sektor-sektor industri menjadikan kebutuhan akan penggunaan iklan juga semakin meningkat. Banyak jenis iklan digunakan untuk membantu kelancaran kegiatan pemasaran. Mulai dari iklan yang berasal dari media cetak sampai iklan yang berasal dari media elektronik. Namun demikian dari keduanya masih memiliki beberapa jenis lagi. Dan berikut jenis iklan media cetak dan elektronik.

Jenis Iklan Media Cetak Dan Elektronik

Iklan Media Cetak

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita telah banyak menemui iklan-iklan yang berada dalam media cetak. Sebab di hari ini eksistensi media cetak juga masih bertahan di kalangan masyarakat. Seperti koran, majalah, billboard, selebaran, dan yang lainnya masih tetap terlihat sekalipun telah ada iklan media elektronik. Adapun jenis dari iklan media cetak ini adalah dibagi berdasarkan ruang penempatannya, diantaranya:

Iklan baris

Sama seperti iklan pada umumnya, fungsi dari iklan baris adalah untuk memberikan informasi terkait produk maupun jasa yang ditawarkan agar pembaca dapat memiliki ketertarikan untuk melakukan tindak pembelian dan konsumsi. Sesuai dengan namanya pula, iklan baris hanya terdiri dari beberapa baris kalimat, umumnya 3-4 baris dan menggunakan singkatan-singkatan agar dapat menghemat tempat.

Media cetak yang biasa memuat iklan baris ini adalah koran atau surat kabar. Isi dari iklan ini juga ada beberapa jenis, yaitu iklan yang menawarkan barang atau jasa, iklan pencarian, iklan penjualan, dan juga iklan lowongan. Biasanya pun dilengkapi gambar atau ilustrasi dengan ukuran kecil.

Iklan kolom

Iklan kolom memiliki bentuk berdasarkan kolom, biasanya memuat iklan yang menawarkan barang atau jasa. Terkadang juga berisi informasi mengenai kabar pernikahan, kabar duka, dan ucapan terimakasih.  Iklan kolom juga berisi kata-kata singkat yang akan memenuhi kolom.

Iklan Media Elektronik

Selain iklan media cetak ada pula iklan media elektronik yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Sebab di zaman sekarang ini, media elektronik pun sudah dapat ditemui di mana-mana dan bukan hal yang aneh lagi jika masyarakat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun jenis dari iklan media elektronik ini adalah:

Iklan televisi

Era ini, siapa yang tidak memiliki dan menonton televisi? Tentu jarang sekali ya rumah yang tidak memiliki televisi dan anggota keluarganya tidak menonton televisi. Sebab itulah media elektronik yang dipilih menjadi tempat beriklan salah satunya adalah televisi.

Iklan televisi merupakan iklan yang mengandalkan kekuatan visual dan audio dalam penayangannya. Memiliki banyak warna serta gambar bergerak yang menarik mata dan suara yang mendukung hidupnya gambar di dalamnya membuat iklan televisi dianggap efektif untuk dijadikan alat promosi.

Iklan radio

Jenis iklan media elektronik selanjutnya adalah iklan radio. Dalam penyampaiannya iklan radio bias disampaikan secara langsung dengan suara dari penyiar, suara yang memiliki unsure ajakan dipadukan dengan musik, atau masih banyak lagi cara lainnya.

Iklan internet

Iklan internet juga menjadi salah satu jenis iklan media elektronik. Jenis iklan ini sedang naik daun saat ini karena majunya perkembangan teknologi digital.  Biasanya berbentuk banner mini pada halaman web yang dilengkapi tombol berukuran kecil, classified ads atau hampir sama dengan iklan baris dalam koran, sponsorship, dan juga website.

Iklan videotron

Dikenal juga sebagai baliho digital, videotron masuk dalam jenis iklan media elektronik yang sedang booming dalam dunia periklanan. Menampilkan gambar bergerak yang menarik dan biasanya dilengkapi suara, videotron sering ditemukan di pinggir-pinggir jalan sehingga dapat menjangkau pengguna jalan yang ditempatkan sebagai audience.

Videotron ini dianggap sebagai media elektronik penampil iklan yang efektif. Meskipun memiliki ukuran yang cukup besar namun dapat dikatakan manfaat dari videotron ini lebih banyak dari media elekttronik lain. Untuk mendapat manfaatnya itu seimbang pula dengan biaya untuk memilikinya. Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai harga videotron, ⬅ silahkan klik di sini.

Leave a Comment