Papan Iklan Elektronik Videotron

Baliho digital atau videotron merupakan papan iklan elektronik yang menampilkan gambar bergerak dengan banyak warna dan biasanya dilengkapi oleh suara. Material dari videotron ini berasal dari bahan alumunium yang ditambahkan lampu LED dalam jumlah banyak untuk dapat menampilkan konten.

Jenis dari papan iklan ini adalah jenis outdoor atau luar ruangan dan indoor atau dalam ruangan. Videotron luar ruangan biasanya digunakan untuk keperluan kegiatan promosi atau periklanan. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya videotron outdoor memiliki tempat spesifik di tepi-tepi jalan agar dapat menjangkau audience atau calon konsumen. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai harga videotron p10 outdoor, ⬅ silahkan klik di  sini!

Sedangkan untuk jenis indoor biasanya digunakan untuk memeriahkan event-event yang berada di dalam gedung. Entah event pernikahan, ulang tahun, dan yang lain-lainnya. Biasanya jenis videotron ini juga digunakan untuk pengenalan identitas perusahaan kepada tamu yang berkunjung ke dalam perusahaan.

iklan elektronik

Adapun perbedaan antara dua jenis videotron ini dapat dilihat dari:

Jenis Lampu

Jenis lampu yang digunakan oleh dua jenis videotron ini berbeda, ada dua macam yaitu lampu SMD dan lampu DIP. Videotron outdoor biasanya menggunakan lampu DIP sedangkan videotron indoor biasanya menggunakan lampu SMD. Dan keduanya memiliki cirri yang berbeda.

Kerapatan Pixel

Kerapatan pixel pada dua jenis videotron ini juga memiliki perbedaan. Videotron outdoor cenderung memiliki ukuran kerapatan pixel jauh lebih besar dibanding videotron indoor. Kalau diukur kerapatan videotron outdoor sekitar pixel 32 sampai dengan pixel 6. Maksud dari pixel 32 adalah adanya jarak dari lampu ke lampu berikutnya adalah 32 mm.

Biasanya orang-orang yang memahami videotron menyebutnya dengan istilah P32. Yang berarti pixel kerapatannya adalah 32 mm. Sedangkan terkait dengan videotron indoor biasanya ukuran pixel berada pada pixel 4 hingga pixel 1 mulai dari P4,P3,P2,P1.

Ketahanan Terhadap Air

Sedangakan berkaitan dengan ketahanan air, videotron outdoor memiliki ketahanan air yang lebih baik dibanding  ketahanan air videotron indoor. Karena videotron outdoor ditempatkan di luar ruangan, yang nantinya akan menghadapi situasi hujan. Maka sudah sepantasnya videotron outdoor tahan dengan air. Sedangkan videotron indoor  karena pada videotron indoor berada di dalam ruangan, jadi tidak memiliki fitur waterproof.

Tingkat Kecerahan Lampu

Kecerahan lampu milik videotron outdoor tentu lebih terang daripada kecerahan yang dimiliki videotron indoor. Bahkan untuk videotron outdoor ada yang memiliki brightness hingga 10.000 nits (satuan kecerahan cahaya). Sedangkan videotron indoor tidak membutuhkan kecerahan cahaya yang terlalu tinggi.

Karena di dalam ruangan normal kecerahan videotron indoor maksimal ada di angka 500 nits. Karena kalau terlalu terang akan menganggu paandangan  audience. Beda halnya dengan outdoor. Karena videotron outdoor harus melawan sinar matahari maka dibutuhkan tingkat kecerahan yang tinggi.

Tingkat Konsumsi Listrik

Videotron outdoor membutuhkan konsumsi daya yang tinggi. Hal ini karena jumlah lampu LED yang ada pada videotron indoor jauh lebih banyak dari videotron outdoor. Jika untuk panel 1 meter x 1 meter pada videotron outdoor P32 memiliki 300 lampu, maka videotron outdoor P3 memiliki lebih dari seribu lampu.

Jarak Pandang Ideal

Jarak pandang ideal videotron outdoor biasanya berukuran lebih dari 5 meter. Sedangkan videotron indoor memiliki jarak pandang sekitar 5 sampai 1 meter. Jarak pandang ideal ini dipengaruhi oleh faktor kerapatan pixel videotron. Semakin renggang pixel maka jarak pandang idealnya semakin jauh.

Leave a Comment